Teknik Menjatuhkan Sapi Dengan Baik

Oktober 26, 2012 at 3:09 pm 5 komentar


Idul Adha identik dengan Idul Qurban, dimana salah satu aktifitas utamanya adalah menyembelih hewan kurban. Hewan kurban di Indonesia umumnya kambing, domba dan sapi. Proses penyembelihan yang baik sudah diajarkan sebagai tuntunan dalam agama Islam dengan cara-cara yang baik dan tidak menyakitkan. Untuk itu diharuskan menggunakan pisau yang sangat tajam dan tentu juga dengan posisi penyembelihan yang baik.

Cukup mudah menjatuhkan domba atau kambing, karena ukurannya tidak terlalu besar. Namun masih banyak petugas penyembelih atau masyarakat umum yang tidak mengetahui cara menjatuhkan sapi dengan baik. Berikut ini adalah video yang menunjukkan cara menjatuhkan sapi dengan baik dan tidak menyakitkan, sebagaimana yang diajarkan dalam agama Islam, meski hewan akan disembelih harus tetap diperlukan dengan baik. Memang agak sulit menjatuhkan sapi, karena ukurannya memang besar.  Mudah-mudahan dengan melihat video ini bisa melakukan proses menjatuhkan sapi dengan baik dan tidak menyebabkan cedera baik bagi sapi atau bisa juga bagi orang-orang yang berusaha menjatuhkan sapi tersebut untuk menlakukan penyembelihan.

Caranya adalah dengan melakukan ikatan tali pada leher sapi, kemudian tali dilingkarkan pada daerah dada, selanjutnya dilingkarkan kembali di daerah perut, dan ujung tali yang tersisa bisa ditarik ke belakang. Sementara tali kekang bisa dipegang petugas kedua atau mengikatkannya pada tonggak atau benda lain sehingga sapi tetap ditempat saat tali yang lain ditarik ke belakang, dan menyebabkan sapi roboh dengan perlahan dan tidak menyakitkan.

About these ads

Entry filed under: animal welfare, ternak, veteriner. Tags: , , .

Selamat Hari Raya Idul Adha 1433 H Ophthalmic Examination in Cats and Dogs

5 Komentar Add your own

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Kategori

Blog Stats

  • 114,753 hits

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 26 pengikut lainnya.


%d blogger menyukai ini: