Ayam TIREN

September 24, 2007 at 6:35 am Tinggalkan komentar


Ayam TIREN marak lagi….

Sudah lama berita ayam tiren tidak terdengar. Peningkatan kebutuhan terhadap produk asal hewan seperti daging ayam, cukup signifikan pada bulan puasa bahkan hingga lebaran Idul Fitri nanti. Peningkatan kebutuhan ini tidak seimbang dengan pasokan yang ada, sehingga terjadi peningkatan harga.

Kondisi ini dimanfaatkan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab untuk meraup keuntungan sebanyak-banyaknya tanpa mempertimbangkan dampaknya, dengan menjual ayam tiren.

Maraknya ayam tiren, tidak terlepas dari lemahnya pengawasan terhadap produk asal hewan. Dinas yang bertanggung jawab terhadap tugas tersebut adalah dinas peternakan atau yang bertanggung jawab dengan tugas tersebut.

Masalahnya adalah bermula dari ketidakpahaman kepala daerah kabupaten/kota terhadap tugas tersebut, yang melekat pada peran dan fungsi dokter hewan. Salah satu kewenangan dokter hewan adalah menjaga produk asal hewan dan olahan bahan asal hewan, baik, sehat dan halal untuk dikonsumsi manusia.Dimana peran dan fungsi ini tidak bisa digantikan oleh profesi atau sarjana lain, baik itu dokter, bahkan yang tidak pernah berpendidikan sarjana.

Bisa jadi hanya beberapa kabupaten/kota yang mempunyai dinas peternakan yang mempunyai dokter hewan berwenang, bila kepala daerah mengerti peran dan fungsi dokter hewan. Namun banyak sekali daerah yang tidak mempunyai dinas terkait bahkan tidak mempunyai dokter hewan berwenang yang dapat menjalankan tugas tersebut, karena dianggap bahwa dinas tersebut tidak mempunyai kontribusi signifikan untuk meningkatkan pendapatan daerah.

Tentu saja ini menjadi masalah yang serius karena ini menjadi tanggung jawab kepala daerah untuk menjaga kesehatan warga/penduduk di daerahnya agar sehat dengan mendapat sumber makanan yang sehat dan menyehatkan. Sebab bisa dipastikan ayam tiren bukan merupakan sumber makanan yang sehat dan menyehatkan

Entry filed under: veteriner. Tags: .

Daging PMK….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Kategori

Blog Stats

  • 212,472 hits

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 40 pengikut lainnya


%d blogger menyukai ini: