Keuntungan dan kerugian kebiri dini dalam jangka panjang

Desember 11, 2007 at 5:37 am 1 komentar


Pada mulanya istilah kebiri adalah pemandulan pada hewan jantan, begitu saya yakin yang ada di benak anda saat anda mendengar istilah tersebut. Namun saya ingin mengistilahkan kebiri juga adalah langkah pemandulan pada hewan betina. Hal ini karena tidak ada istilah yang pas untuk menyebutkan hal tersebut pada hewan jantan dan betina. Dalam istilah kedokteran hewan, kastrasi adalah kebiri pada hewan jantan yaitu pengambilan organ kelamin jantan. Organ kelamin yang biasanya diambil adalah testis. Sedangkan sterilisasi adalah istilah kebiri pada hewan betina yaitu pengambilan organ kelamin betina. Organ kelamin betina yang biasanya diambil adalah ovarium dan uterus.
Saat ini di Amerika telah disetujui dilakukannya kebiri pada umur dini. Kebiri umur dini ini dilakukan sebelum hewan mengalami dewasa kelamin, yaitu sejak umur 6 minggu hingga kira-kira 5 bulan. Selain kebiri yang umum dilakukan, yaitu pada hewan yang telah dewasa kelamin namun sebelum berumur setahun. Para pecinta anjing atau kucing seringkali bertanya untuk apa sebetulnya kebiri dilakukan, khususnya alasan kesehatan, untuk kemudian mengambil keputusan perlu tidaknya hewan kesayangannya dikebiri. Apa sebetulnya keuntungan melakukan kebiri dan apa pula kerugiannya.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kastrasi dapat menurunkan risiko kanker testis (<1%), gangguan prostat selain kanker, fistula perianal dan menurunkan risiko diabetes. Namun demikian, kastrasi bila dilakukan sebelum umur satu tahun akan meningkatkan risiko terjadinya osteosarkoma. Osteosarkoma adalah penyakit yang sering terjadi pada bangsa anjing sedang dan besar dengan prognosis infausta. Selain itu meningkatkan risiko terjadinya hemangiosarkoma kardiak, tiga kali berisiko mengalami hipotiroidisme, tiga kali berisiko mengalami obesitas dengan segala permasalahannya, empat kali berisiko mengalami kanker prostat, dua kali berisiko mengalami kanker saluran kemih, ortopedik dan efek samping saat vaksinasi.

Sedangkan pada anjing betina lebih kompleks lagi. Keuntungan melakukan sterilisasi adalah menurunkan risiko terjadinya fistula perianal, menurunkan risiko tumor, ovarium, serviks dan uterus. Selain itu juga menghilangkan risiko terjadinya piometra. Piometra adalah penyebab kematian sebesar 1% pada betina yang tidak disteril. Jika dilakukan sebelum umur 2,5 tahun dapat menurunkan risiko terjadinya tumor mamme. Tumor mammae adalah tumor maligna yang paling sering terjadi pada anjing betina. Selain keuntungan melakukan steril ada juga kerugian yang ditimbulkan. Jika dilakukan sebelum umur satu tahun akan berisiko mengalami osteosarkoma yang merupakan penyakit yang umumnya terjadi pada bangsa anjing besar dengan prognosis infausta. Meningkatkan risiko obesitas dengan segala permasalahannya, splenik hemagiosarkoma dan 5 kali lebih berisiko mengalami hemagiosarkoma kardiak. Juga dapat menyebabkan spay incontinen uriner dan 2 kali berisiko mengalami tumor saluran kemih.

Informasi di atas mungkin menjadi informasi yang penting karena seringkali informasi yang diterima pemilik atau penyayang hewan tidak seimbang, baik yang setuju atau tidak setuju kebiri.

Entry filed under: hewan kesayangan, pediatrik, penyakit. Tags: , .

Komnas Flu Burung, Bagaimana Komda?? Anthrax. Mengapa ditakuti?

1 Komentar Add your own

  • 1. catnipcats  |  Desember 6, 2012 pukul 8:23 am

    mungkin bisa dijelaskan juga keuntungan dan kerugian bagi kucing?terimakasih🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Kategori

Blog Stats

  • 212,472 hits

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 40 pengikut lainnya


%d blogger menyukai ini: