Cara memegang hewan pengerat kesayangan

September 8, 2008 at 1:55 am Tinggalkan komentar


Di Amerika atau Eropa telah jamak, rodensia atau pengerat dipelihara dan menjadi hewan kesayangan. Pemeliharanya tidak hanya anak-anak namun juga orang dewasa. Bagaimana di Indonesia? Meski tidak seperti di Amerika, sepertinya mulai banyak juga orang yang memelihara rodensia. Mungkin bila mendengar kata rodensia, maka benak kita akan membayang tikus. Meskipun ada juga yang memelihara tikus namun banyak juga rodensia lain yang lebih menarik untuk dipelihara seperti Gerbil, Chincilla, Marmut dan tentu saja yang populer di Indonesia adalah Hamster.


Dalam pemeliharaan hewan kesayangan tersebut tentu suatu ketika kita harus memegang hewan tersebut, baik untuk disayang-sayang atau untuk keperluan lain seperti membersihkan kandang. Tentu saja masing-masing hewan mempunyai kebiasaan dan perilaku, termasuk ada yang suka menggigit ada yang tidak. Lalu, bagaimana cara memegang yang baik agar kita tidak tergigit dan hewan kesayangan kita tidak terganggu sehingga kemudian menggigit atau tidak mencederai hewan kesayangan kita pada saat kita pegang.

Tikus, Mencit atau Gerbil dapat dipegang dengan cara yang sama, yaitu dengan memegang pada pada pangkal ekornya, kemudian mengangkat kaki belakang. Lebih baik lagi bila ditempatkan di tempat yang agak kasar sehingga kaki depannya tetap mencengkeram lantai. Angkat kira-kira membentuk sudut 45 derajat kemudian pegang bagian belakang tengkuknya dengan hati-hati. Pastikan tidak ada lagi kulit yang longgar, sehingga hewan tidak bisa berpaling dan menggigit. Gerbil biasanya tidak menggigit namun tampak seperti kejang. Hal ini biasa dan bukan merupakan hal yang berbahaya. Tikus biasanya akan berusaha menggigit saat dipegang. Tikus yang berukuran besar dapat dipegang dengan cara meletakkan jari-jari pada seputar daerah dada dan jempol dibawah rahang.

Marmut jarang menggigit, namun mereka mudah takut dan melarikan diri. Marmut dapat dipegang dengan cara memegang kulit daaerah tengkuk dengan hati-hati dan pastikan tidak ada kulit yang longgar. Hal ini karena Marmut tidak mempunyai ekor. Selain itu dapat juga dipegang dengan meletakkan jari-jari di seputar daerah dada dan mengangkat tubuhnya dengan tangan yang lain. Chincilla jarang menggigit tapi biasanya akan urinasi atau kencing saat kita pegang. Cara memegang Chincilla mirip cara memegang Marmut.
Hamster agak lebih sulit dipegang dan biasanya akan berusaha menggigit terutama bila kita mengganggu jam tidurnya. Hamster mempunyai kulit yang sangat longgar di seputar leher. Pegang hati-hati kulit di belakang tengkuk dan pastikan tidak ada lagi kulit yang longgar kemudian angkat. Bila masih ada kulit longgar saat kita pegang, Hamster dapat berbalik atau sedikit memutar dan menggigit kita.

Entry filed under: hewan coba, veteriner. Tags: , .

Perbedaan regurgitasi dan vomit pada hewan kesayangan Lagi-lagi Daging PMK….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Kategori

Blog Stats

  • 213,081 hits

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 40 pengikut lainnya


%d blogger menyukai ini: