Kebutuhan nutrisi kulit dan rambut pada hewan kesayangan

September 22, 2008 at 3:26 am 4 komentar


Saya yakin salah satu hal yang menjadi pertimbangan pemilik hewan kesayangan memilih hewan kesayangannya adalah faktor penampilan yang dalam hal ini diwujudkan dari rambut dengan berbagai tipenya dan warna rambut. Saya mencoba untuk menyebut bulu hewan kesayangan sebagai rambut (hair) untuk membedakan dengan bulu (feather) pada golongan burung. Karena struktur rambut dan bulu sangat berbeda.

Berbicara rambut pada hewan kesayangan tentu juga tidak terlepas dari kulit dimana rambut tersebut tumbuh. Rambut akan tumbuh dengan baik pada kulit yang sehat. Menjaga kesehatan kulit secara tidak langsung juga akan menjaga kesehatan rambut secara umum. Penyakit-penyakit yang menyerang kulit pasti akan mempengaruhi pertumbuhan rambut. Salah satu upaya untuk menjaga kesehatan kulit dan rambut adalah faktor pakan atau nutrisi.

Pakan memegang peranan penting dalam perkembangan atau pertumbuhan dan mempertahankan kulit dan rambut normal. Banyak yang menyatakan setelah memberikan pakan lengkap dan diet seimbang kemudian ditambah vitamin dan mineral akan meningkatkan kualitas kulit dan rambut hewan kesayangan. Namun, banyak nutrisionist menyatakan bahwa pada hewan yang telah diberi pakan lengkap dan berimbang tidak perlu lagi diberi sumber pakan pelengkap (supplement). Harus diingat bahwa nutrisi pelengkap, khususnya vitamin yang larut lemak bila diberikan berlebihan tidak baik untuk hewan kesayangan kita karena akan menyebabkan intoksikasi atau keracunan, atau menyebabkan kondisi yang justru tidak seimbang.

Seperti hewan-hewan lain, anjing dan kucing juga membutuhkan energi, asam amino, asam lemak, glukosa, vitamin dan mineral untuk tumbuh dan berkembang. Kulit adalah salah satu organ yang mempunyai metabolisme sangat aktif. Defisiensi pada salah satu sumber nutrisi akan menyebabkan kondisi abnormal pada kulit dan rambut (keratinisasi, perubahan lemak epidermal dan sebasues, kulit kering, kulit bersisik, rambut kasar dan lain-lain).

Protein dan asam amino esensial penting untuk pertumbuhan dan perkembangan rambut dan kulit. Defisiensi protein dan kalori akan menyebabkan rambut mudah patah, kering, kasar, diameter rambut mengecil. Hal ini karena protein dan kalori yang terbatas digunakan untuk hal-hal yang lebih vital bagi tubuh. Lemak adalah sumber energi yang penting. Asam lemak tak jenuh (PUFA) digunakan untuk memproduksi membran sel dan prostaglandin. Anjing dapat mengkonversi linoleat menjadi linolenat dan arakidonat. Kucing tidak dapat mendesaturasi linoleat, oleh sebab itu membutuhkan ketiga bahan tersebut.

Selain protein, lemak dan sumber energi anjing juga membutuhkan vitamin baik larut lemak maupun larut air untuk menjaga pertumbuhan kulit. Vitamin B komplkes dibutuhkan sebagai koenzim dan kofaktor pada metabolisme protein, karbohidrat dan lemak. Kucing dan anjing yang kekurangan viramin B kompleks akan mengalami kulit bersisik dan alopesia. Vitamin A, D dan E dibutuhkan kucing dan anjing. Vitamin A penting untuk mengatur metabolisme epitel dan jaringan tulang serta berperan dalam produksi pigmen visual. Kucing tidak dapat mengkonversi vitamin A dari tumbuhan (karoten) menjadi vitmain A (retinol). Oleh sebab itu kucing membutuhkan vitmain A dalam dietnya. Kekurangan vitmain A akan menyebabkan kulit mengalami keratinisasi (hiperkeratosis) baik pada epidermis dan mukosa serta kulit mudah mengalami infeksi. Namun demikian kelebihan vitamin juga menimbulkan gejala yang mirip dengan kekurangan vitamin A. Gejala lain kelebihan vitmain A adalah malaise, rasa tidak nyaman pada perut, nausea, muntah, ikhterus, skeletal hiperostosis. Gejala yang terakhir ini biasanya berkaitan dengan sistem lokomosi, kucing tidak bisa menggerakkan leher, mengalami paresis atau paralsis pada keempat kakinya. Hipervitaminosis A ini biasanya terjadi pada kucing yang diberi pakan hati (liver). Vitamin D diperlukan karena produksi dari kulit melalui iradiasi sinar ultraviolet tidak mencukupi kebutuhan. Gejalanya adalah ricket dan abnormalitas erupsi gigi. Hal ini karena terjadi ketidaknormalan metabolsime kalsium dan fosfor. Vitamin E dan selenium melindungi membran sel terhadap peroksidasi dan destruksi akibat radikal bebas. Defisiensi vitmain E akan menimbulkan gejala dermatologi seperti kekurangan asam lemak.

Mineral adalah nustrisi inorganik esensial. Mineral terbagi menjadi makromineral dan mikromineral (trace mineral). Semua mineral tersebut sangat diperlukan tubuh. Mineral spesifik yang diperlukan anjing adalah zat besi, tembaga, iodium dan zink. Trace mineral biasanya berhubungan dengan pertumbuhan dan regenerasi jaringan, termasuk hormon dan enzim. Namun demikian ada interaksi-interaksi di antara mineral tersebut. Interaksi terjadi pada zink, tembaga dan kalsium, karena absorpsi zat-zat tersebut saling mempengaruhi. Kelebihan kalsium akan menekan absorbsi zink, kelebihan zink akan menekan absorpsi tembaga. Saat ini juga diketahui bahan serat nabati dan fitin dari sereal dan kedelai menekan absorpsi kalsium, zink dan magnesium.

Zink berperan penting dalam menjaga homeostasis di banyak jaringan. Zat ini juga penting pada sistem kekebalan dan metabolsime asam nukleat. Defisiensi zink akan menyebabkan pertumbuhan dan perkembangan terhambat, menurunnya penggunaan protein, meningkatnya risiko infeksi, melambatnya proses penyebuhan luka, perubahan perilaku dan penyakit kulit. Anjing yang mengalami defisiensi zink menunjukkan gejala kulit bersisik, krusta eritematosa di sekitar mata, hidung, telinga dan bagian-bagian tubuh yang menonjol. Telapak kaki (footpad) sangat keras (hiperkeratosis) sehingga bila berjalan di lantai yang keras akan berbunyi. Pada kucing dibutuhkan zink lebih banyak bila mengkonsumsi protein nabati, hal ini karena kucing adalah karnivora sejati. Defisiensi zink pada kucing akan menyebabkan alopesia, kulit menebal dan bersisik. Gejala tersebut akan sering dikelirukan dengan demodecosis. Selain itu defisiensi zink dapat diakibatkan oleh pemberian kalsium yang belebihan, baik pada kucing ataupun pada anjing. Asupan kalsium yang tinggi akan menghalangi absorbsi zink, karena kedua zat ini saling berkompetsisi saat absorbsi.

Entry filed under: hewan kesayangan. Tags: , .

Otoritas Veteriner Petite Mal Seizure pada anjing

4 Komentar Add your own

  • 1. aguero  |  April 28, 2009 pukul 4:07 am

    terima kasih tas infonya, tapi gimana cara memprcntik bulu rambutnya ya???

  • 2. triakoso  |  Mei 11, 2009 pukul 2:40 am

    untuk mempercantik rambut anjing kucing tidak cukup dg memberi pakan yg seimbang. tapi juga perawatan rambut (grooming) terutama yg berambut panjang. perawatan yg paling mudah dilakukan di rumah adalah menyisir rambut. agar tetap terjaga dan “tidak kempel” atau bergumpal. sebaiknya tidak terlalu sering dimandikan terutama menggunakan shampoo. secara alami rambut mempunyai minyak dari kelenjar minyak yg ada di pangkal rambut, dan “dari sono”nya anjing dan kucing tidak pernah mandi. cukup sebulan sekali bila perlu dimandikan. kalo ada sedikit kotoran segera dibersihkan atau menggunakan lap basah untuk membersihkan rambutnya. bila terlalu sering mandi maka rambut tidak lagi berkilau bahkan tampak kusam dan kering. selain itu kulit akan menjadi lebih sensitif dan mudah mengalami problema kulit..

  • 3. ayu  |  September 29, 2010 pukul 2:16 am

    thx to infomation

  • 4. triakoso  |  September 29, 2010 pukul 2:58 am

    @Ayu, senang bisa membantu….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Kategori

Blog Stats

  • 212,472 hits

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 40 pengikut lainnya


%d blogger menyukai ini: