Soal Ujian Kompetensi

Oktober 31, 2008 at 1:00 am Tinggalkan komentar


Ada fenomena yang menarik, bila melihat perkembangan dunia praktek, dokter hewan praktek di Indonesia, khususnya praktek hewan kesayangan. Pada tahun 90-an, para lulusan dokter hewan tidak banyak yang melirik dan menekuni dunia praktek. Baru pada akhir 90-an, karena krisis ekonomi dan mengakibatkan banyak perusahaan juga mengalami kesulitan keuangan sehingga rekrutmen pegawai baru juga menjadi sangat dibatasi atau dipertimbangkan. Selain yang sudah bekerja dipaksa dengan tuntutan pekerjaan yang pada akhirnya membuat banyak pegawai keluar atau dikeluarkan dari pekerjaan. Akibatnya adalah para dokter hewan ini akhirnya mengambil langkah atau mengambil keputusan untuk “kembali ke kandang”, kembali pada habitatnya semula yaitu sebagai “dokter”. Sehingga mulai tahun tersebut mulai banyak dokter hewan yang baru lulus berusaha menjadi “dokter” alias praktek dokter hewan. Dan sejak itu pula, dunia praktisi mulai maju pesat dan berkembang.

Melihat perkembangan tersebut juga menarik perhatian dunia swasta untuk juga bergerak pada hal yang sama, dunia obat-obatan, pakan hewan kesayangan, peralatan (asesoris) hewan kesayangan semakin bergairah.

Perkembangan itu juga ternyata tidak hanya menyebar atau terjadi pada “generasi muda” alias dokter hewan yang baru lulus, namun juga menular pada generasi tua. Terutama yang sudah tidak lagi bekerja baik di sektor swasta dan beralih haluan menjadi praktisi ataupun yang berasal dari sektor yang lain termasuk pegawai negeri yang memasuki masa pensiun. Persoalannya adalah dunia praktik identik dengan dunia klinik, dan tentu saja ini sama sekali berbeda dengan masalah jualan obat, atau mengurusi data-data, atau yang hanya berkutat pada produksi pakan dan lain-lain yang tentu saja itu sama sekali tidak pernah disentuh selama sekian tahun. Bisa diyakini sudah lupa dan tidak terampil lagi untuk menganamnesis, melakukan pemeriksaan fisik, menganalisa data, mendiagnosis, merencanakan terapi, memilih obat yang baik dan benar.

Oleh sebab itu sangat masuk akal bila para dokter hewan yang ingin menekuni dunia praktisi diharuskan untuk melakukan magang praktek. Tujuannya adalah untuk merefresh segala kemampuan dokter hewan sebagai praktisi nantinya, baik pengetahuannya maupun ketrampilannya. Selain itu juga merupakan upaya untuk mencegah terjadinya malpraktek atau maletik, yang tentu saja bila hal itu terjadi dapat memperburuk profesi ini di mata masyarakat. Upaya untuk meningkatkan pengetahuan tersebut tidak cukup dan selesai hanya dari magang saja. Pengetahuan bisa diperoleh dari mana saja dan tentu saja apakah pengetahuan yang diperlukan telah cukup maka seseorang harus mencoba mengevaluasi pengetahuan yang diperolehnya.

Saya mencoba untuk membantu bagi siapa saja yang ingin mendalami atau mengevaluasi pengetahuan dari aspek klinik dengan membuat soal-soal ujian. Soal-soal ini dapat digunakan oleh para dokter hewan, baik yang sudah lama menjadi dokter hewan atau yang baru saja menjadi dokter hewan, ataupun yang akan menjadi dokter hewan dan sedang mendalami dunia klinik pada pendidikan profesi dokter hewan. Soal-soal ini dapat digunakan untuk merefresh atau mengingat kembali pengetahuan-pengetahuan tentang dunia praktisi yang terutama adalah aspek klinik, ataupun digunakan sebagai sarana evaluasi untuk mengukur kemampuan seseorang dalam mendalami dunia klinik. Soal ini saya siapkan dalam bahasa Inggris dengan tujuan untuk menambah wawasan bahasa dokter hewan dan untuk memperluas jangkauan penggguna.

Bagi mahasiswa kedokteran hewan setingkat S1 atau sarjana kedokteran hewan, bobot soal ini agak berat. Namun akan sangat bagus untuk mengukur kemampuannya dalam menekuni pelajaran-pelajaran klinik.

Jadi tunggu tanggal mainnya…

Gak lama lagi….

Entry filed under: ujian kompetensi, veteriner. Tags: , , .

Sistem digesti anakan ruminansia Pertolongan pertama pada kembung akut

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Kategori

Blog Stats

  • 212,472 hits

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 40 pengikut lainnya


%d blogger menyukai ini: