Kelinci juga butuh minum

November 10, 2008 at 1:37 am 1 komentar


Beberapa bulan terakhir banyak saya temukan kasus kelinci kecil sekitar umur satu bulan, baru dibeli dan beberapa hari kemudian sakit. Kelinci sering datang dalam kondisi lemas, lethargi, suhunya rendah.Pada palpasi ditemukan adanya masa keras di daerah abdomen. Kelinci dalam kondisi dehidrasi karena turgor kulitnya jelek, cuping hidung kering, serta selaput mukosa pucat. Bila lebih dari satu kelinci yang dipelihara diperoleh informasi, beberapa kelinci yang lain sudah mati di rumah. Seringkali pasien-pasien ini tidak tertolong.

Memang agak sulit untuk menentukan penyebab pastinya, namun dari anamnesis yang detail diperoleh informasi bahwa kelinci tersebut sama sekali tidak diberi air minum, sejak dibeli hingga kira-kira 5-7 hari dan akhirnya timbul masalah. Kelinci tersebut mengalami dehidrasi berat, hal ini karena dia tidak punyak akses untuk minum karena tidak disediakan air minum. Seringkali pemilik memperoleh informasi dari penjual bahwa kelinci tidak perlu disediakan air minum, karena cukup didapat dari makanan (sayur dan buah). Pertanyaannya apakah memang kelinci tidak butuh air minum?

Semua makhluk hidup di dunia membutuhkan air untuk melakukan aktifitas kehidupannya. Semua hewan hampir 70-80 persen bagian tubuhnya adalah air, dan untuk melakukan aktifitasnya, bernafas, bergerak, berkedip, mempertahankan suhu tubuh, membuang zat beracun tubuh dan lain-lain semua difasilitasi oleh adanya air di dalam tubuh. Oleh sebab itu, kebutuhan akan air menjadi sangat vital bagi makhluk hidup termasuk juga kelinci. Bahkan hewan yang hidup di gurun, yang notabene sangat sulit air, juga membutuhkan air. Termasuk hewan-hewan tersebut mengembangkan diri agar tidak secara sangat efisien memanfaatkan air dan seefisien mungkin juga membuat dirinya tidak mudah kekurangan air. Jadi kesimpulannya kelinci juga butuh air minum.

Untuk kelinci kecil bila terpaksa dipisahkan dari induknya, sebaiknya disediakan air minum yang tidak terbatas (ad libitum), sehingga bila kelinci merasa kehausan, maka sebanyak yang dia butuhkan dia akan minum. Hal ini karena sebetulnya kelinci yang masih di bawah tiga minggu masih menyusu pada induknya. Namun demikian menyediakan air buat kelinci dewasa juga perlu, dan bisa disediakan sebagaimana di atas (ad libitum). Kelinci dewasa biasanya membutuhkan air minum sekitar 0,3-0,6 liter setiap hari, bergantung pada kondisi lingkungan dan aktifitasnya. Sebaiknya air minum yang disediakan diganti setiap hari, agar selalu tersedia bersih dan untuk mencegah adanya kontaminasi bakteri.

Entry filed under: hewan kesayangan, penyakit. Tags: , .

Pertolongan pertama bila terjadi perdarahan Pertolongan pertama bila terjadi abses

1 Komentar Add your own

  • 1. RRj  |  Juni 17, 2009 pukul 4:30 am

    Thanks artikelnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Kategori

Blog Stats

  • 213,259 hits

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 40 pengikut lainnya


%d blogger menyukai ini: