Pertolongan pertama bila terjadi abses

November 14, 2008 at 1:03 am 33 komentar


Abses adalah akumulasi pus secara lokal. Abses disebabkan adanya infeksi . Abses bisa disertai bengkak dan rasa sakit. Abses dapat juga pecah dan pus atau nanah akan tampak keluar dari luka tersebut.

Yang harus dilakukan

  • Jika abses pecah, bersihkan abses atau luka dengan sabun dan air. Jangan membersihkan lukan menggunakan deterjen. Bilas dengan baik kemudian keringkan. Lakukan hal ini beberapa kali sehari.
  • Jika terjadi kebengkakan kompres dengan air hangat beberapa menit. Ulangi 3-4 kali sehari.

Yang harus dihindari

  • Jangan mencoba membuka abses
  • Jangan memberikan obat-obatan kecuali telah berkonsultasi dengan dokter hewan.

Abses seringkali tejadi pada kucing, terutama yang tidak dikastrasi karena seringkali berkelahi untuk memperebutkan wilayah atau betina. Dalam menangani kondisi ini, dokter hewan pun berisiko untuk luka akibat gigitan atau cakaran. Hal ini karena pada kuku dab gigikucing banyak terkandung bakteri. Jika luka berkembang infeksi akan tampak adanya radang dalam 1-2 hari. Kucing yang dikastrasi dapat menurunkan perilaku berkelahi tersebut.

Entry filed under: pertolongan pertama. Tags: , , .

Kelinci juga butuh minum Soal Ujian Kompetensi Ilmu Bedah Hewan Kesayangan

33 Komentar Add your own

  • 1. onetjusttea  |  Februari 16, 2012 pukul 2:51 pm

    tadi mlem saya nemu kiten (usia kira-kira 1-2 minggu)dijalan, belekan dan menyedihkan.. sya bawa pulang kebetulan sya punya cukup bnyk kucing drumah jd pas nyampe rumah dh tersedia makanan kucing tp bukan untuk kitten.. sya liat di kaki kiri ada bbenjolan, sya fikir disposisi tulang kaki, ternyata wktu sya berusaha membersihkan kotoran di kakinya dengan air hanyat keluar nanah bnyk sekali,, berbau dan menjijikan saya panik takut jdi penyakit untuk kucing sya yg lain dan juga untuk sya.. langsung sya cari di internet tentang gejala itu, dan sya menemukan klo ini sepertinya abses.. tp yang jadi pertanyaan apakah abses menular??/ plis help infonya..

  • 2. triakoso  |  Februari 29, 2012 pukul 1:56 pm

    terima kasih onetjusttea. abses adalah timbunan sel-sel radang dan agen infeksi yang mati yang terkumpul di dalam jaringan setelah terinfeksi atau terjadi proses infeksi, yang dikenal juga dengan sebutan nanah atau pus. abses merupakan bagian dari mekanisme tubuh menghadapi agen infeksi. saat infeksi, tubuh bereaksi sehingga menyebabkan sel-sel radang mampu keluar pembuluh darah dan menuju area radang dan berperang melawan agen infeksi.
    jadi nanah atau absesnya sendiri tidak akan menularkan sesuatu. namun penyebab atau agen infeksi yang menyebabkan abses bisa saja bersifat menular.

  • 3. onetjusttea  |  Februari 29, 2012 pukul 5:27 pm

    mksh dok infonya, tp kitenya sudah mati 1minggu laluan. sdah sy bawa ke drh, sudah diberi antibiotik, juga salep mata, n obat cacing..katanya kittenya dehidrasi.. seminggu dirawat pulih.. trs kebetulan kk sy dioprasi, sya tinggal kira2 8jam, tp msh keadaan baik..bsok subuhnya kiten sudah lemas. akhirnya ta tertolong.. Hiks

  • 4. fanshiro  |  Agustus 24, 2012 pukul 9:33 pm

    Dok kelinci saya didiagnosis abses 1 bulan lalu dgn harapan sembuh 20 persen. Di atas hidungnya ad bengkak (sinus) dan kepalanya juga ad pembengkakan kecil.

    Sudah dibawa ke drh dan diterapi antibiotik selama 2 minggu tp tdk membaik malah makin parah. Sekarang saya beri obat enrofloxacin antibiotik + flu obh combi utk anak2 + vitamin anak2 skrg bengkak di hidung sudah mengempis tp di kepala masih dan hidung masih mengeluarkan nanah. Total sudah 2 bulan dia sakit tapi masih mau makan. Apakah ada harapan sembuh?? Kira2 harus bagaimana ya? Saya kuatir kalau misal saya tinggal pergi 2 hari, hidungnya ga dibersihkan dia bisa mati😦 bagaimana cara menyetop nanah keluar ..

    Thx

  • 5. Triakoso  |  Agustus 25, 2012 pukul 10:57 am

    Abses timbul karena ada akumulasi nanah atau pus. Pus atau nanah timbul karena ada infeksi bakteri (kuman) yang dapat membentuk nanah. Selama masih ada nanah terbentuk, berarti masih ada sumber penyebabnya (bakteri). Oleh sebab itu perlu dicari sumbernya (lokasi) dan dibersihkan. Obat hanya membantu untuk mengatasi, menekan pertumbuhan, membunuh bakteri penyebab. Namun kadang kala punya keterbatasan menuju ke lokasi target karena berbagai penghalang, termasuk adanya nanah.
    Kalau adanya benjolan abses di sekitar hidung ada kemungkinan bukan sekedar problema respirasi baik rhinitis atau sinusitis, namun ada potensi problema gigi (terutama rahang atas, radang akar gigi, abses akar gigi). Hal-hal tersebut harus dipastikan, dana faktor faktor penghalang termasuk nanah harus dibersihkan sehingga pengobatan bisa efektif dilakukan…mudah-mudahan bisa dipahami…

  • 6. fanshiro  |  Agustus 25, 2012 pukul 3:49 pm

    Terimakasih atas balasannya. Saya sudah cek gigi nya dok, memang benar ternyata gigi atasnya melengkung kena rahang atasnya. Tp saya bingung untuk memotongnya apakah dibawa ke dokter hewan atau bagaimana dok? Lalu apakah aman jika dicabut atau malah jadi tidak bisa makan? Adakah dokter hewan di jkt yg pernah melakukan prosedur pencabutan gigi.. Jika ad boleh minta rekomendasinya ya dok.. Thankssss

  • 7. Triakoso  |  September 2, 2012 pukul 4:58 pm

    Gigi atas yang mana…(umumnya gigi seri/depan), kondisi itu disebut maloklusi, artinya gigi atas dan bawah tidak bisa berpasangan dg baik. sehingga hewan juga tidak bisa menggigit. Gigi seri kelinci termasuk gigi yang terus tumbuh sehingga bila tidak terjadi keausan yang cukup maka gigi akan tumbuh terus dan bahkan menembus gusi dan menyebabkan abses…untuk itu memang harus disesuaikan kembali. umumnya dipotong sesuai dengan panjang gigi seharusnya. Namun prosedur ini sulit dan berisiko jika dilakuakn oleh orang yang tidak profesional. Sehingga saya sangat menyarankan anda menghubungi dokter hewan terdekat. Di jakarta banyak dokter hewan praktek, bahkan ada yang bisa dipanggil ke rumah (house call). Fanshiro bisa cari daftar dokter hewan di internet (misal http://www.anjingkita.com) cari yang dekat dengan rumah anda atau bisa dipanggil ke rumah…Mudah mudahan hewan kesayangannya segera baik kembali…

  • 8. Triakoso  |  September 2, 2012 pukul 5:01 pm

    Prosedur pemotongan gigi tersebut termasuk prosedur bedah ringan, jadi umumnya dokter hewan praktek bisa melakukannya….

  • 9. tiara  |  September 2, 2012 pukul 9:01 pm

    Kucing saya kakinya bernanah terus udah dikasi betadine, di kompres panas, terus besok2nya nanahnya malah ke perut, terus sekarang sampe ke pinggang terus bolong nanahnya, sama tadi barusan di bersihin pake sabun sama air

    1.Caranya biar ga nyebar kemana-mana gimana ya?
    2. Biar sembuh total nanahnya ga muncul lagi ditempat lain caranya gimana?😦 makasih

  • 10. Triakoso  |  September 3, 2012 pukul 11:08 am

    Tiara, abses timbul akibat proses infeksi yang terjadi akibat kulit yang terbuka, sehingga kuman dapat masuk ke bagian dalam tubuh melalui kulit yang terbuka tersebut. Luka bisa berupa luka yang dangkal lebar atau kecil dalam. Sulit untuk mengatakan bahwa abses bisa berpindah pindah tempat atau menyebar, yang paling mungkin adalah kucing Tiara terluka (gigitan atau goresan cakar) yang bisa jadi tidak terlihat oleh Tiara (karena tertutup rambut/bulu), kemudian bekas luka tersebut terjadi abses. Abses yang terbuka, tampak nanah yang keluar bisa dibersihkan dengan antiseptik hingga nanahnya bersih (bisa jadi prosedur ini menimbulkan sakit, hati hati anda yg bisa dicakar/digigit kucing anda) kemudian bisa diberikan antibiotika topikal atau salep. Mudah-mudahan bisa membantu…

  • 11. fanshiro  |  September 3, 2012 pukul 11:42 am

    Thanks dokter atas jawbannya. Bberapa hr lalu sudah dibawa ke klinik hewan dan sudah dicek giginya. Hasilnya gigi atas patah dan hrs dicabut. Kemudian diberikan antibiotik, dan cendo utk matanya (keluar nanahnya juga).

    Sampai saat ini belum ada perubahan berarti (baru 3 hr).
    Nanti saya coba liat lg seminggu ke depan.

    Terimakasih
    Fanny

  • 12. ika  |  Juni 21, 2013 pukul 6:16 pm

    Dok,gmn klo lukax ad di dkt pangkal ekor itu kya ada lubang dn dlm nya bernanah..
    Penangananx hrs gmn dok.?
    *pliss tlg yh dok.ud putus asa bgt nih..:'(

  • 13. Iwan  |  Juni 28, 2013 pukul 6:01 pm

    Kucingku udah mati duluan sebelum aku membaca artikel ini… Akan Ku jadikan ini sebagai bahan pelajaran untuk kedepannya..!!.
    Selamat Jalan, Hidung Hitamku… T_T

  • 14. Nur Aini Utami  |  Juli 29, 2013 pukul 5:04 am

    Dok… ini kucin9 saya spertinya punya abses di lehernya… 2 hari y9 lalu masih besar, tapi kemerin sore nanahnya keluar banyak ban9et sampe leher kucin9 kembali ke ukuran semula. dan waktu saya pencet dari luban9 di benjolan itu udah n99ak ada nanahnya la9i, dan kucin9 saya ju9a makan tidur nya normal, dan tidak rewel. apakah ini berartikucin9 saya sembuh. sebelumnya abses itu saya bersihkan pakai air dan kapas. disini vetnya jauh dok, dan kucin9 saya takut jika dinaikin ke motor ataupun mobil. bin9un9 mau saya apain…

  • 15. fifti kusumastutiasih  |  Januari 21, 2014 pukul 6:41 pm

    assalamu’alaikum dok …… saya mempunyai kucing kampung yang saya pelihara dari bayi karena induk dan saudara2nya mati. Beberapa hari yang lalu, kucing saya terlihat lemah dan kehilangan selera makan. Saya coba memberi obat flu yang biasa dikonsumsi manusia karena ketidaktahuan saya, namun tidak ada perubahan. Beberapa hari kemudian saya melihat ternyata ada luka bolong bernanah di pangkal ekornya dok, kemudian saya coba beri obat sulfanilamid, namun tetap tidak ada perubahan juga. Saya sudah sangat bingung dan juga kasihan melihat kondisi kucing saya, karena di kota kecil saya tidak ada dokter hewan. Mohon bantuannya dok, obat apa yang seharusnya saya berikan untuk luka bolong tersebut, saya googling, ada beberapa yang memberikan ampicilin untuk mencegah infeksi, apakah itu betul ? terimakasih atas bantuannya dok. Wasslm

  • 16. Arie  |  Agustus 11, 2014 pukul 3:07 pm

    Dokter, kuku kucing saya luka dan bernanah, sudah sy cuci sama cairan detol dan sy beri betadin, tp kok belum sembuh juga yaa, antibiotik apa yg bisa diberikan ? trims sebelumnya

  • 17. sofi agustiawan  |  Maret 26, 2015 pukul 9:25 pm

    maaf dok kmi punya kucing persia,yg baru satu bulan melahirkan ternyata di payudaranya ada bolongan yg bernanah dan berbau apa cara penanganan pertama. dan obat nya apa

  • 18. triakoso  |  Maret 29, 2015 pukul 12:13 pm

    Sofi A, radang disertai adanya nanah adalah abses. Penyebabnya biasanya adanya luka, baik luka terbuka atau luka dalam (tusukan atau gigitan). Luka pada sekitar ambing, akan lebih menyulitkan karena keradangan akan diikuti oleh infeksi bakteri, dan akan lebih sulit lagi karena di daerah tersebut banyak media (susu) yang disukai bakteri. Bersihakn luka, bersihkan nanah kemudian beri antiseptik (povidone iodine, dan sebangsanya)…Bila masih mengalami masalah, tidak segera sembuh, segera bawa ke dokter hewan… karena telah terjadi komplikasi terutama akibat bakteri-bakteri yang anaerob…

  • 19. Kiray  |  Februari 28, 2016 pukul 7:25 pm

    Saya mau bertanya maksudnya jangan dihindari dengan membuka abses itu gimana ya? Soalnya kucing saya sedang terkena itu dan sering sekali nanahnya berceceran

  • 20. triakoso  |  Maret 6, 2016 pukul 6:54 pm

    Terima kasih atas pertanyaan Suci. Mohon maaf, saya agak lama tidak buka web blog saya, sehingga baru bisa jawab sekarang. Sebenarnya bukan absesnya yang menular. Abses itu adalah bentuk campuran bakteri-bakteri yang mati atau mungkin sebagian masih hidup dengan sel-sel radang di dalam tubuh yang terlokalisir. Nanah yang keluar dari abses tersebut dapat menular melalui luka pada kulit hewan yang lain. Atau bisa juga kucing kedua Suci (apalagi kucing jantan) yang sakit, timbul abses karena adanya luka pada kulitnya, bisa karena cakaran kucing lain atau luka yang lain dan terkena cemaran bakteri yang bisa membuat nanah (abses).

  • 21. bella  |  Maret 6, 2016 pukul 8:58 pm

    dok.. kucing saya tadi siang tau2 bengkak kepalanya sampai matanya bengep.. saya kora benjol dipukul orang.. trus saya pegang dy kesakotan gak lama saya kasih minyak kayu putih yg benjol itu.. lalu dy garuk tau2 pecah dan mengeluarkan cairan coklat susu.. dan berbau kurang sedap.. bgmn ya dok? kira2 kucing saya kenapa .. td sudah saya beri betadine juga..

  • 22. triakoso  |  Maret 10, 2016 pukul 5:27 am

    Bella, mungkin kejadiannya tidak terlalu tiba-tiba. Seringali kucing mengalami abses karena bertengkar dengan kucing lain, kena cakar atau gigitan yang memang tidak terlalu tampak lukanya (kecil tapi dalam), sehingga bakteri berkembang dan menyebabkan abses. Kalau dipukul, biasanya menimbulkan bekas memar, dan perdarahan masih segar, berwarna merah (bukan abses, yang warna coklat susu). Luka abses dibersihkan dengan benar, sampai bersih dan diberikan salep kulit antibiotika

  • 23. Uswatun hasanah  |  Maret 16, 2016 pukul 7:37 pm

    Tolong kasi solusi kucing saya punyan benjolan sbesar bola pimpong dalam kulitnya .. awalnya jalannya pincang dapet 4hari benjolannya baru terliahat besar dan empuk tp kucing saya sangat ksakitan nafsu makannya berkurang sering tidur.. bagai mna cara mengobatinya.. rumah sya dpedesaan tdk ada dokter hewan.. mohon solusinya !!😦

  • 24. Vanesa  |  Maret 18, 2016 pukul 12:58 pm

    Di ekornya ada benjolan gitu. Kalo d pegang pus nya meong gitu. Itu kenapa ya ? Trus pup nya itu mencret. Kenapa itu ya ?

  • 25. kurnia ks  |  April 17, 2016 pukul 11:47 am

    Untuk mencegah abses gmn?

  • 26. mumuy  |  Mei 3, 2016 pukul 11:52 pm

    Dok maaf mau nanyain
    Kucing saya menderita abses setelah itu saya kompres dengan air hangat dan nanahnya keluar, dan jg tedapat benjolan dan di atas benjolan tersebut memang terdapat cakaran kucing ,
    Setelah saya kompres dan keluar nanah keesokan harinya lukanya mengering tidak ada bolong bolong tetapi masih bengkak, saya coba kompres dengan air hangat lagi dan tetap tidak bengkak, kira kira benjolan itu bisa sembuh tidak dan apa itu akibat abses?
    Dan penyebab adanya benjolan itu di karenakan adanya nanah tersebut atau bagaimana?
    Minta bantuannya ya dok
    Terimakasih sebelumnya

  • 27. Rizky Tri Kurnia Putra  |  Mei 27, 2016 pukul 10:53 pm

    Mohon maaf dok, saya ingin bertanya mengenai obat salep atau antibiotik yg bisa diberikan utk kucing yg absesnya pecah kiranya apa ya? Sudah 2 hari ini saya selalu bersihkan nanah yg keluar dgn air dan juga revanol tetapi hanya sebatas itu karena saya takut jika dilakukan pemberian obat lainnya. Mohon tanggapannya dok, terima kasih :’)

  • 28. Nia  |  Mei 29, 2016 pukul 12:23 pm

    Dok saya punya kitten waktu itu saya ngeliat kakinya ada benjolan dan kitten jalannya pincang saya kira cuma terkilir eh besok paginya benjolan di kaki kitten pecah. Trus ada cairan yg keluar dari bejolan itu, apa itu abses? Trus sekarang apa yg harus saya lakukan dok?

  • 29. Novi  |  Juni 24, 2016 pukul 7:07 am

    Kebetulan sudah hampir 1 minggu lebih saya terkena penyakit abses ini, rasanya sangat sakit sekali ketika dibawa bergerak ataupun berbaring dikasur, tepatnya setaun yang lalu juga saya mengalami penyakit yg sama seperti ini, apakah abses ini hanya bisa dipecahkan setelah terdapat lobang saluran fistula saja ?, bagaimana cara cepatnya agar abses ini pecah tanpa menunggu terlihatnya mata saluran fistula ?

  • 30. Shinta  |  Agustus 8, 2016 pukul 3:15 pm

    Dok, kucing saya ada benjolan di bawah lehernya, sudah kira2 tiga hari lebih, tadinya cuma satu benjolan, pas kemarin dicek jadi 2, jadi hari ini baru aja dibawa ke vet. Kata dokternya ini antara abses atau radang, sudah dikasih suntik anti rada, obat antibiotik, sama obat anti radang. Kira ada kemungkinan abses ngga ya? Karena kalo benjolannya ditekan sedikit dia ngga kesakitan/keganggu sama sekali. Makan juga masih mau… Kira2 itu radang atau apa ya

  • 31. Dadutkitten  |  September 13, 2016 pukul 12:21 pm

    Tadi pagi kucing ku berantem terus aku nemuin luka lubang gitu tapi ga berdarah agak bengkak disekitar leher dekat telinga kecil sih, sebelumnya kucing ku juga pernah kena abses tapi itu beberapa bulan yang lalu, sekarang dia umur 1thn 8bln, gejalanya waktu abses tuh gaketauan tbtb dilengan kucing ku ada lubang lingkaran pori-pori gitu dan bulu disekitarnya rontok bengkakpula, awalnya lubangnya kecil lalu membesar dan bernanah, aku mau tanya apa kalo kucing yg udah pernah abses bisa terjangkitlagi ?

  • 32. eveline oktavianti  |  Oktober 20, 2016 pukul 3:17 pm

    kucing saya ada pembekakan d dekat antara pipi dan kaki depannya,,dia tdk mau makan tp minun mau,,lemes bgt,saya bngung harus bagaimana,,itu termasuk abses atau tumor dan bagaimana cara mengobatinya,tolong saya bntu ya dok

  • 33. Hanna  |  November 3, 2016 pukul 12:07 pm

    Kucing saya ada abses di bawha mata dan dibawah telinga.. tapi kemudian nanahnya keluar sendiri, bekas nya seperti bekas gigitan serangga.. bekas luka sudah mulai mengering.. kira kira kenapa ya padahal kucing saya kucing rumahan, hanya berkeliaran di area taman kecil di belakang rumah saja.

Tinggalkan Balasan

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Kategori

Blog Stats

  • 213,081 hits

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 40 pengikut lainnya


