Ternyata Anjing Juga Perlu Gosok Gigi

November 23, 2009 at 1:02 am Tinggalkan komentar


Kejadian problema gigi pada hewan kesayangan sebetulnya sangat tinggi. hanya karena tidak menimbulkan gejala yang sangat serius, problema ini seringkali diabaikan oleh pemilik hewan. Baru bila menimbulkan masalah seperti tidak mau makan, mulutnya bau, radang pada rongga mulut dan sebagainya, baru pemilik memeriksakan hewan kesayangannya pada dokter hewan. Biasanya setelah diperiksa problem utamanya adalah gigi, terutama adanya karang gigi. Jalan keluarnya biasanya dilakukan scaling dan root planning. Namun bila problemnya sudah parah, tidak hanya sekedar scaling dan root planning namun juga ekstraksi gigi. Karena begitu giginya bersih dari karang gigi, gigi tersebut tidak punya tempat berpijak, goyang dan tanpa upaya yang keras pun sudah tanggal.

Bagaimanapun langkah pencegahan tetap lebih baik dari pada pengobatan.  Yaitu mencegah agar tidak terjadi penumpukan karang gigi. Pencegahan yang dilakukan bisa bermacam-macam, mulai dari memilih bentuk pakan hewan kesayangan sampai melakukan sikat gigi atau menggosok gigi. Penyikatan gigi agar tidak terjadi penumpukan karang gigi sangat efektif untuk mencegah terjadinya penumpukan karang gigi. Tentu sja gosok gigi dilakukan oleh pemilik gigi, karena anjing tidak bisa melakukan gosok gigi sendiri. Namun membuat hewan kesayangan mau disikat giginya tidak mudah. Oleh sebab itu membiasakan menggosok gigi sejak dini pada anjing sangat penting. Selain itu tentu saja harus menyikat atau menggosok gigi dengan benar.

Beriktu ini adalah clip langkah menggosok gigi pada anakan anjing agar terbiasa giginya digosok untuk mencegah terjadinya penumpukan karang gigi.

Entry filed under: hewan kesayangan, pediatrik. Tags: .

Pengamatan Kesehatan Hewan pada Ternak Kurban Ataxia pada anjing

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Kategori

Blog Stats

  • 213,081 hits

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 40 pengikut lainnya


%d blogger menyukai ini: