Ubuntu 10.4 memang ciamik

Juni 11, 2010 at 5:41 am 4 komentar


Pada era informasi dan teknologi ini tentu kita tidak boleh gagap teknologi, termasuk juga pada sejawat dokter hewan.  Pada era informasi ini kita tidak bisa lepas dari komputer sebagai salah satu media informasi dan teknologi. Dalam menjalan komputer tentu menggunakan sistem operasi. Memang sistem operasi yang paling banyak dikenal saat ini adalah Windows yang diproduksi Microsoft. Namun sistem operasi ini bersifat propriertary atau terbatas dan berbayar. Tidak masalah bagi sejawat yang mempunyai budget yang cukup untuk membeli dan menggunakan sistem operasi Windows yang asli.

Sebagai insan yang terdidik seharusnya kita menggunakan aplikasi atau sistem operasi yang legal. Nah, bagi yang minim budget untuk menggunakan sistem operasi Windows ada alternatif lain yaitu menggunakan sistem operasi Linux. Ada banyak distro linux yang sudah tersedia. Kelebihan menggunakan sistem operasi ini tentu saja bersifat gratis alias tidak perlu bayar. Bagi yang senang utak atik juga masih bisa melakukan kostumasi atau bahkan membuat distro sendiri.

Selain itu sebetulnya banyak kelebihan lain linux dibandingkan menggunakan sistem operasi Windows. Kelebihan-kelebihan itu sudah banyak disampaikan oleh majalah atau tabloid yang mengupas tentang komputer.

Kebetulan saya sudah cukup lama menggunakan ubuntu. Dari beberapa versi ubuntu yang pernah saya gunakan, Ubuntu 10.4 terbilang sangat bagus dan “modern” dibanding versi atau release sebelumnya.

Menggunakan linux saat ini sudah seperti menggunakan Windows yang biasa kita gunakan, dengan segala kemudahan dan tentu saja kelebihan dibanding Windows. Jadi..menggunakan sistem operasi linux mengapa tidak???

Entry filed under: veteriner. Tags: .

Open VPMS versi 1.4 sudah direlease Golongan Darah Kucing

4 Komentar Add your own

  • 1. Ayok KF  |  Juni 22, 2010 pukul 5:11 pm

    Ubuntu memang asyik terutama untuk internetan dan pengoperasian aplikasi open office. Sayangnya belum semua aplikasi komputer kompatibel, mungkin vendornya sudah janjian sama Om Bill kali ya ? Go Open Source !

  • 2. triakoso  |  Juni 25, 2010 pukul 2:24 am

    @Ayok : betul. Meskipun sekarang sudah mulai banyak juga yang menyediakan aplikasi yang mendukung ubuntu atau linux. Namun vendor-vendor besar rasanya juga tidak serta merta menyiapkan kebutuhan softwarenya untuk linux. Contoh kata, driver untuk printer agak ribet untuk dipakai di linux. Hal ini karena pembuat printer hanya menyiapkan driver printer untuk kebutuhan Windows…
    Jadi para pengguna Ubuntu atau linux memang harus berkawan agar tahu bagaimana menggunakan sistem operasi ini secara optimal..
    Go Open Source..!!

  • 3. Sigit Prayogo  |  Juli 8, 2010 pukul 11:45 pm

    Pakai Dual OS aja Dok…
    He he he…

  • 4. triakoso  |  Juli 12, 2010 pukul 2:46 am

    @Sigit : Bisa juga, bagi yang terbiasa dengan Windows namun pengen “mencicipi” atau migrasi setengah-setengah bisa menggunakan model dual OS. Namun sebetulnya, masih unggul di Ubuntu, sebab Ubuntu bisa “ngintip” alias baca tulis di NTFS Windows dan tidak sebaliknya.
    Dan kalau mau agak ribet, Windows-nya bisa dijalankan di dalam Ubuntu. Pada Ubuntu ada teknologi yang namanya virtual machine, produk yang terkenal adalah virtualbox. Install seperti biasa Windows di dalam Ubuntu menggunakan virtualbox. Entah apa namanya (dual OS atau bukan) tapi yang jelas kita bisa menggunakan atau menjalankan Windows di dalam Ubuntu, sebagaimana rasanya kita menjalankan Windows…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Kategori

Blog Stats

  • 213,081 hits

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 40 pengikut lainnya


%d blogger menyukai ini: