Seberapa sering membersihkan gigi hewan kesayangan?

Juli 1, 2010 at 5:42 am 4 komentar


Kita menjaga kesehatan gigi dengan menggosok gigi secara rutin itu sudah biasa. Kesehatan gigi sebetulnya tidak saja berlaku bagi kita, namun juga bagi hewan kesayangan kita. Pernahkah anda berpikir bahwa hewan kesayangan kita, anjing atau kucing perlu juga menggosok gigi?

Anjing atau kucing paling sering menderita penyakit periodontal, terutama akibat menumpuknya tartar atau karang gigi. Salah satu langkah pencegahan hewan kesayangan kita menderita penyakit tersebut adalah dengan menjaga kesehatan giginya dengan cara menggosok gigi sebagaimana yang kita lakukan. Tentu saja anjing atau kucing kita tidak bisa menggosok giginya sendiri, sehingga kita yang harus membantu membersihkan giginya dengan gosok gigi.

Berikut ini adalah polling, seberapa sering anda anda membersihkan gigi hewan kesayangan anda atau bahkan tidak pernah sama sekali ??

Entry filed under: hewan kesayangan, penyakit, veteriner. Tags: .

Golongan Darah Kucing KKP Mendirikan Rumah Sakit khusus Ikan, Siapa Dokternya??

4 Komentar Add your own

  • 1. Sigit Prayogo  |  Juli 8, 2010 pukul 11:40 pm

    Dok, cara bersihkan gigi hewan apa juga pakai pasta gigi?
    Jika pakai pasta gigi, Apakah tidak berbahaya bagi hewan peliharaan kita jika pasta giginya ikut tertelan?

    Jika tidak apa2 kalau tertelan, pasta gigi apa yang pas dan tidak berbahaya bagi hewan peliharaan kita dok?

    Terimakasih…
    Viva Veteriner..

  • 2. triakoso  |  Juli 12, 2010 pukul 2:55 am

    @Sigit : Kalau menurut saya membersihkan gigi hewan kesayangan ada 3 tahap atau katagori. Katagori yang paling parah, yaitu bila plak atau tartar di gigi hewan kesayangan (anjing atau kucing) sangat banyak maka harus dilakukan scaling dan root planing. Tartar atau karang gigi yang menumpuk tersebut tidak bisa serta merta dibersihakn menggunakan teknik gosok atau yg lain kecuali scaling dan root planing, yaitu diambil menggunakan alat yang tepat dan cara yang tepat.
    Yang kedua, adalah “pencegahan” atau perawatan. Teknik yang paling baik hingga saat ini adalah dengan menggosok gigi hewan kesayangan. Memang butuh ketelatenan dan pembiasaaan. Teknik ini tentu saja harus menggunakan alat yang tepat. Banyak di jual di petshop sikat gigi untuk anjing atau kucing, serta pasta gigi yang memang diciptakan untuk anjing atau kucing, bahkan beraroma ayam, sapi dan lain-lain. Bukan menggunakan sikat dan pasta gigi kita apalagi yang menggunakan mint, bisa jadi anjing jadi kapok gosok gigi atau malah menggigit kita bial dipaksa.
    Yang ketiga, bila sulit membersihkan gigi dengan menggosok gigi, bisa menggunakan media yang lain seperti tulang-tulangan atau pakan yang memang dirancang untuk mencegah terjadinya penumpukan karang gigi. Pakan ini biasanya pakan kering. Bentuk, bahan dan tekanan yang diperlukan untuk menggigit butiran pakan telah diuji coba sehingga mampu melepaskan karang gigi yang ada.

  • 3. dylanisters69  |  Februari 17, 2011 pukul 1:31 pm

    dok, sy memakai sikat gigi dr rubber lembut yg biasa dipakai untuk membersihkan gusi pada bayi. apakah aman? sy takut jika memakai sikat gigi akan melukai gusi kucing sy. sy jg sering menggosok lidahnya agar nafasnya tdk bau amis. apakah aman?

  • 4. Triakoso  |  Februari 18, 2011 pukul 3:34 am

    @Dylanister69, apa yang anda lakukan sudah cukup bilamana belum banyak plak yg ada di gigi kucingnya (mengingat banyak yg tidak melakukan hal-hal tersebut). Demikian jg membersihkan lidah untuk mengurangi bau mulut. Hal tersebut perlu dilakukan terutama bila memberikan pakan basah, karena umumnya sisa makan banyak yg menempel pada gigi. Bisa jg dengan memberikan pakan kering (yg umum ataupun yg dirancang untuk mencegah menimbunnya karang gigi) karena bisa bersifat membersihkan seperti sikat gigi bergesekan kuat dg gigi…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Kategori

Blog Stats

  • 213,259 hits

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 40 pengikut lainnya


%d blogger menyukai ini: