Kolegium Penyakit Dalam Veteriner Indonesia

Februari 29, 2012 at 11:10 am Tinggalkan komentar


Setelah saling kontak dalam beberapa hari, akhirnya disepakati hadir di Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Airlangga Surabaya, hari Jumat  tanggal 24 Pebruari 2012, beberapa kolega dari Fakultas Kedokteran Hewan Institut Pertanian Bogor dan Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Kolega dari FKH IPB diwakili Chusnul Choliq, drh. dan Agus Lelana, Sp.MP., M.Si., drh.  sedangkan kolega dari FKH UGM diwakili Dr. Sudarmanto Indarjulianto, drh. dan Hary Purnamaningsih, M.P., drh. Sedangkan dari FKH Unair dihadiri Prof. Dr. Bambang Sektiari, DEA, drh., Nusdianto Triakoso, M.P., drh., Dr. M. Zainal Arifin, M.S., drh., Julien Supraptini, SU., drh., Handayani Tjitro, M.S., drh., Wiwik Misaco Yuniarti, M.Kes., drh., Hardany Primarizky, MVM, drh.

Pertemuan tersebut dalam upaya untuk membentuk kolegium Dokter Hewan Spesialis Penyakit Dalam Veteriner. Pertemuan berjalan sangat hangat dan dinamis, pandangan-pandangan berkaitan dengan tugas fungsi dan posisi organisasi serta hubungannya dengan organisasi-organisasi yang ada baik induk organisasi profesi (PDHI), asosiasi dan ONT yang lain disampaikan oleh peserta. Kendala-kendala juga dikemukan oleh para peserta pertemuan. Namun dari dinamika yang muncul, akhirnya disepakati juga beberapa hal.

Seluruh peserta sepakat bahwa diperlukan Kolegium yang juga menjadi prasyarat pemberian gelar spesialis penyakit dalam veteriner yang pertama dan sekali. Kolegium juga menjadi bagian penting bagi terbentuknya program pendidikan dokter hewan spesialis penyakit dalam veteriner. Namun karena terkendala beberapa hal yang berkaitan dengan masalah organisasi, maka peserta akhirnya menyepakati pembentukan ad hoc Kolegium Penyakit Dalam Veteriner Indonesia sekaligus tim formatur Kolegium Spesialis Penyakit Dalam Veteriner

Anggota ad hoc Kolegium Penyakit Dalam Veteriner Indonesia adalah :

  • Prof. Dr. Bambang Sektiari L., DEA. drh. (ketua merangkap anggota)
  • Nusdianto Triakoso, M.P., drh. (sekretaris merangkap anggota)
  • E. Djoko Poetranto, drh., M.S. (anggota)
  • Prof. Hastari Wuryastuty, drh., M.Sc., Ph.D. (anggota)
  • Dr. Sudarmanto Indarjulianto, drh. (anggota)
  • Hary Purnamaningsih, M.P., drh. (anggota)
  • Prof. Dondin Sajuti, drh. MST., Ph.D. (anggota)
  • R.P. Agus Lelana, Sp.MP, M.Si., drh. (anggota)
  • Dr. Setyo Widodo, drh. (anggota)

Tugas formatur di atas adalah menyiapkan segala sesuatu yang berhubungan dengan terbentuknya Kolegium Spesialis Penyakit Dalam Veteriner Indonesia. Selain itu juga bahwa formatur tersebut di atas, menjadi delegasi atau wakil kolegium dalam pembahasan pemberian gelar dokter hewan spesialis penyakit dalam, sehingga tidak hanya 3 orang yang menjadi wakil kolegium sebagaimana disepakati dalam Asosiasi Fakultas Kedokteran Hewan Indonesia (AFKHI).

Selain itu juga disepakati untuk mendorong upaya pembentukan kolegium dan pemberian gelar pertama dan sekali dokter hewan spesialis yang pernah diusulkan atau pernah mengemuka, seperti spesialis hewan laboratorium, mikrobiologi klinik veteriner dan patologi veteriner.

Pertemuan juga menyepakati terbentuknya Asosiasi Kedokteran Interna Veteriner Indonesia (AKIVI) yang anggotanya adalah staf pengajar penyakit dalam veteriner Fakultas Kedokteran Hewan di seluruh Indonesia untuk membicarakan kompetensi, topik atau konten ilmu penyakit dalam veteriner dan hal-hal yang berkaitan dengan ilmu penyakit dalam veteriner, baik untuk sarjana kedokteran hewan maupun pendidikan profesi dokter hewan.

Entry filed under: veteriner. Tags: .

Daftar Penyakit Tahun 2012 Shock Anafilaksis Kelinci Akibat Ivermectin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Kategori

Blog Stats

  • 213,259 hits

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 40 pengikut lainnya


%d blogger menyukai ini: