Azotemia Akut Sebagai Prediktor Mortalitas Pada Anjing dan Kucing

Oktober 18, 2012 at 7:50 am Tinggalkan komentar


Cedera Ginjal Ajut (CGA, Acute Kidney Injury) telah terbukti menjadi prediktor kematian pada manusia. Publikasi yang mengevaluasi perubahan relatif konsentrasi kreatinin serum hewan sebagai faktor prognostik masih sangat terbatas. Penilaian dengan sistem CGA berdasarkan konsentrasi kreatinin serum digunakan untuk menentukan apakah itu berkorelasi dengan prediksi hasil pada anjing dan ratusan kucing. Sejumlah 645 anjing dan 209 kucing diukur konsentrasi serum kreatinin setidaknya dua kali dalam waktu 7 hari. Penelitian dilakukan menggunakan design retrospektif studi. Anjing dan kucing dengan konsentrasi awal kreatinin serum ≤ 1,6 mg / dL dan yang kemudian konsentrasi kreatinin lebih dari 1 yang diukur dalam waktu 2, 3, dan 7 hari ditempatkan dalam tingkatan (0-2). Kematian kemudian ditentukan pada 30 dan 90 hari.

Berdasarkan hasil analisa odds ratio dengan interval kepercayaan 95%, anjing pada level 1 dalam 2 hari, 3 kali lebih berisiko mengalami kematian dalam waktu 90 hari. Anjing pada level 2 dalam waktu 2, 3, atau 7 hari, berisiko sekitar 3 kali lebih mungkin mengalami kematian dalam waktu 30 atau 90 hari. Kucing pada level 2 dalam waktu 3 atau 7 hari, berisiko sekitar 3 kali lebih mungkin mengalami kematian dalam 30 hari dan 4 kali lebih mungkin mengalami kematian dalam waktu 7 hari. Kucing pada level 2 dalam waktu 2 atau 3 hari, berisiko 3 kali lebih mungkin mengalami kematian dalam waktu 90 hari. Adanya peningkatan keparahan klinis akibat azotemia bisa digunakan untuk membantu memprediksi kematian pada anjing dan kucing.

Entry filed under: hewan kesayangan, veteriner. Tags: , , , .

Body Condition Scoring pada Anjing Potensi Wabah Zoonosis di Indonesia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Kategori

Blog Stats

  • 213,081 hits

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 40 pengikut lainnya


%d blogger menyukai ini: