Teknik Baru Menentukan Rasa Sakit Pada Mencit

Mei 20, 2013 at 11:40 am Tinggalkan komentar


mgs orbital cropMencit adalah hewan yang relatif banyak digunakan sebagai hewan percobaan. Pada percobaan-percobaan biomedis, biasanya perlakukan-perlakuan pada hewan coba juga seringkali menimbulkan rasa sakit. Kaidah penggunaan hewan coba seyogyanya tetap mengedepankan kesejahteraan hewan (animal welfare). Pengenalan rasa sakit pada hewan coba tersebut seyogyanya segera dikenali dan segera diatasi. Metode mengenali rasa sakit yang lama dikenal adalah dengan melihat adanya perubahan pada hewan tersebut : makan minum berkurang, rambutnya berdiri, gelisah, tidak banyak bergerak, menyendiri, pincang, membungkuk (hunced back/arch back), lebih agresif saat dipegang, dan lain lain.

Saat ini ada teknik yang lebih tepat dan cepat untuk melihat atau menentukan hewan coba khususnya mencit mengalami rasa sakit (pain). Teknik baru ini dikenal sebagai Mouse Grimace Scale. Mouse Grimace Scale melihat perubahan perubahan pada daerah kepala. Ada beberapa bagian yang diamati antara lain Mata, Hidung, Pipi, Telinga dan Misai. Pengamatan teknik ini bisa langsung dilakukan secara visual (direct observation) atau menggunakan peralatan tambahan seperti video sehingga bisa diamati berkali-kali. Teknik ini sangat akurat dan mudah dilakukan. Akurasinya 72-97% (bergantung pengalaman atau kualitas video yang digunakan).

Silahkan klik link berikut ini : Mouse Grimace Scale

Entry filed under: animal welfare, veteriner. Tags: , .

Dokter Hewan Praktek Jakarta Timur Dokter Hewan Praktek Jawa Tengah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Kategori

Blog Stats

  • 213,259 hits

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 40 pengikut lainnya


%d blogger menyukai ini: