Menstruasi pada Hewan

Juli 16, 2013 at 3:03 pm 3 komentar


dog estrusPada manusia, menstruasi adalah bagian dari siklus reproduksi wanita, dimana terjadi peluruhan dinding rahim disertai robeknya pembuluh darah. Sehingga selain darah yang keluar juga disertai runtuhan sel-sel dinding rahim (endometrium). Menstruasi timbul karena dinding rahim tidak ditempati oleh calon bayi hasil perkawinan. Waktu menstruasi terjadi diantara dua masa subur. Masa subur adalah dimana sel telur dilepaskan untuk bisa bertemu dengan sperma menjadi calon bayi bilamana terjadi perkawinan.
Sedangkan pada hewan (anjing, kucing) gejala yang mirip ”menstruasi”, keluarnya leleran yang mirip darah melalui saluran kelamin betina, sebetulnya bukan seperti menstruasi pada manusia. ”Menstruasi” pada hewan kesayangan adalah kondisi hewan tersebut berada pada masa kawin atau estrus atau heat. Pada masa kawin ini, sel telur dilepaskan agar bisa bertemu dengan sperma bilamana terjadi perkawinan. Masa kawin ini analog atau sama dengan masa subur pada manusia. Leleran yang mirip darah yang keluar dari aluran kelamin betina hewan adalah sekresi atau cairan dari dinding rahin yang dilepaskan dan cukup banyak hingga sampai keluar saluran kelamin betina, yang akhirnya oleh awam diidentikkan dengan menstruasi pada manusia, padahal sejatinya TIDAK SAMA.

Entry filed under: hewan kesayangan. Tags: , , .

The Neurologic Exam – Practical Neurology Prevalence of Obesity and Risk Factors in Dogs in Surabaya

3 Komentar Add your own

  • 1. mhd irfan tanjung  |  Mei 20, 2015 pukul 9:23 pm

    Saya ingin bertanya, kucing betina persia saya berumur lebih kurang 5 6 bulan, sebelumnya kucing jantan saya lagi sedang birahi dan sering mengganggu kucing betina saya. Akan tetapi beberapa hari belakangan ini kucing betina saya menolak untuk didekatin alias dikawinin sama kucing jantan saya. Yang ingin saya tanyakan sudah 2 hari ini kucing betina saya mengeluarkan cairan kental dan tidak berbau berwarna putih dan sedangkan hari ini saya lihat kondisi tubuh kucing betina saya basah dan sedikit bau darah dan saya lihat di box pup nya cairannya agak berbau darah dan ada sedikit darah. Apa kan itu yang dinamakan kucing betina saya datang bulan pertama kali atau bagaimana dan apa yang harus saya lakukan? Mohon dibantu, terimakasih

  • 2. triakoso  |  Juli 6, 2015 pukul 11:41 pm

    Maaf, saya agak lama tidak buka laman…cukup banyak kesibukan belakangan ini
    Harus dipastikan dulu keluarnya darah dari mana, saluran kelamin atau saluran pencernaan. Kadang kucing mengalami diare, yang berupa lendir (kental) disertai darah. Kucing umumnya menunjukkan gejala merejan, atau cukup lama di kotak pasir. Hal demikian merupakan tanda-tanda keradangan pada usus besar.
    Pada saat estrus (birahi) kucing tidak banyak mengeluarkan lendir (berbeda dengan anjing), apalagi kucing hean yang suka bersih( sering menjilat bulu/rambut) termasuk di sekitar pinggul pantat atau kemaluan sehingga sulit mengetahui adanya lendir saat birahi. Biasanya gejala yang mirip adalah diare (saluran pencenaan)…

  • 3. triakoso  |  Maret 6, 2016 pukul 7:02 pm

    Nensi, bila tidak ada masalah kesehatan yang lain memang itu adalah tanda masa birahi si doggy…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Kategori

Blog Stats

  • 213,081 hits

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 40 pengikut lainnya


%d blogger menyukai ini: