Performa Jersey Crossbred

April 7, 2014 at 1:07 am 2 komentar


jersey holstein cross

Beberapa informasi terkait sapi perah Jersey telah saya sampaikan. Berikut ini beberapa kesimpulan perbandingan performa sapi perah FH dengan Jersey crossbred hasil penelitian Agrisearch pada tahun 2012.

Performa reproduksi sapi perah Jersey crossbred sangat bagus dan lebih baik dibanding sapi perah FH.  Sapi perah Jersey crossbred menunjukkan birahi lebih awal dibanding FH yaitu hari ke 42 setelah beranak, sedangkan FH mulai menunjukkan birahi pada hari ke 50  setelah beranak. Keberhasilan hasil perkawinan yang pertama kali dilakukan (first conception rate) pada sapi perah Jersey crossbred sangat tinggi yaitu 58% sedangkan pada sapi perah FH hanya 35%. Angka keberhasilan tersebut hampir dua kali lipat pada sapi perah Jersey crossbred. Keberhasilan hasil perkawinan pertama dan kedua (first and second conception rate) juga lebih tinggi pada sapi perah Jersey crossbred yaitu 81% dibanding  pada sapi perah HF yaitu 52%. Tingkat kebuntingan setelah 12 minggu pada sapi perah Jersey crossbred 89% lebih tinggi dibanding FH sebesar 73%.

Saat pertama kali beranak sapi perah Jersey crossbred lebih bagus performanya dibanding sapi perah FH. Sebanyak 91% sapi perah Jersey crossbred tidak membutuhkan pertolongan pada beranak yang pertama kali, sedangkan FH hanya 87%. Pada kelahiran yang kedua, sapi perah Jersey crossbred 98% tidak membutuhkan pertolongan sedangkan sapi perah FH sebanyak 91%. Insidensi kasus stillbirth pada sapi perah Jersey crossbred yang beranak pertama kali lebih rendah, yaitu  8% dibanding sapi perah FH sebssar 12%.Sapi perah Jersey crossbred cenderung kurang tenang saat pertama kali beranak. Sebanyak 71% sapi perah Jersey crosbred dibanding sapi perah FH 78% yang menunjukkan ketenangan atau “very quite” temperament saat pertama kali beranak. Namun temperamen perah yang tenang tidak berbeda pada keduanya yaitu 96%.

health parameters crossbred jersey

Produksi susu sapi perah Jersey crossbred sangat bagus, kandungan protein dan lemaknya sangat tinggi dibanding susu sapi perah FH. Kejadian mastitis pada sapi perah Jersey crossbred lebih rendah dibanding pada sapi perah FH. Kelebihan lain adalah sapi perah Jersey crossbred sangat jarang mengalami problema kaki dan kuku, sehingga dapat dipelihara dengan kondisi kandang yang tidak terlalu bagus dibanding sapi perah FH.

Secara umum analisa ekonomi sapi perah Jersey crossbred lebih menguntungkan 7% atau setara dengan 39 poundsterling/ekor/tahun dibanding memelihara sapi perah FH.

Masih banyak kelebihan-kelebihan Jersey crossbred dibanding sapi perah FH. Informasi yang lebih komplit bisa dibaca pada naskah berikut. Naskah ini merupakan hasil penelitian dan ditulis oleh Conrad Ferris, Elaine Vance, Rae Park, Brian Hunter, Sinclair Mayne, David Mackey, David Killpatrick dan Sally Watson pada tahun 2012.

Silahkan klik pada link berikut : Perbandingan Performa Jersey Crossbred dengan Frisian Holstein

Entry filed under: ternak, veteriner. Tags: , .

Jersey Holstein Crossbred Anesthesia and Analgesia in Laboratory Animals

2 Komentar Add your own

  • 1. citra  |  April 7, 2014 pukul 1:55 pm

    dikawin silang dengan jenis apa dokter?

  • 2. triakoso  |  Mei 16, 2014 pukul 5:14 pm

    Kalau berdasarkan tulisan di atas, Jersey dikawin silang dengan FH

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Kategori

Blog Stats

  • 213,259 hits

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 40 pengikut lainnya


%d blogger menyukai ini: