Cokelat Tidak Baik Untuk Anjing

Oktober 29, 2014 at 3:04 am Tinggalkan komentar


Seringkali kita tahu bahwa pemilik anjing memberikan sesuatu makan disela waktu makan. Macam-macam “snack” yang diberikan oleh pemilik. Dan yang tidak disadari pemilik bahwa cukup berbahaya memberikan snack kita atau makanan yang biasa kita makan diberikan pada anjing, termasuk memberikan cokelat. Baik cokelat itu sendiri ataupun yang sudah bercampur dengan bahan lain, misal pada kue. Pertanyaannya baikkah memberikan cokelat untuk anjing kesayangan kita, seberapa tidak baik cokelat pada anjing kesayangan kita?.

Cokelat berasal dari biji buah cokelat, Theobroma cacao. Cokelat mengadung theobromine, suatu bahan yang bersifat stimulan yang terdapat pada biji cokelat. Theobromine sebetulnya berasal dari nama genus cokelat, yang berarti makanan dewa. Menurut bahasa Yunani, Theo berarti dewa sedangkan Broma artinya makanan.

Cokelat memang dikenal sebagai bahan makanan yang menyehatkan. Banyak informasi yang menyebutkan bahwa cokelat mempunyai efek sebagai antioksidan, memperpanjang umur, meningkatkan gairah seksual, dan lain-lain. Cokelat mengandung zat kimia tetrahydocannabioid (THC), bahan ini mempunyai efek meningkatkan gairah.  Di sisi lain jika cokelat digunakan dalam bahan dan pada dosis terapi dapat memicu terjadi kegemukan (obesitas).

Theobromine adalah bahan yang bersifat stimulan ringan bagi manusia, namun bahan ini brsifat toksik untuk anjing. Namun hingga saat ini masih belum diketahui berapa sebetulnya lethal dose untuk anjing. Bahan ini dapat meningkatkan urinasi dan merangsang sistem syaraf pusat termasuk juga denyut jantung. Oleh sebab itu bisa saja anjing yang diberi cokelat akan menunjukkan gejala sakit, mengalami hipertermia, tremor, seizure atau kejang bahkan koma dan mati.
Berbagai macam cokelat mengandung kadar theobromine yang bervariasi. Cokelat putih mengandung setidaknya 1 mg per ounce (28,35 grram), sementara baking cokelat (cokelat kue) mengandung 450 mg per ounce. Jumlah yang termasuk toksis untuk anjing.
Seberapa banyak sebetulnya yang boleh dikonsumsi oleh anjing? Anjing dengan berat 20 pound atau 40 kg akan mengalami keracunan bila mengkonsumsi coklat sebanyak 5 candybar/batang (permen) cokelat, namun bila memakan baker’s cokelat atau cokelat kue anjing akan mengalami keracunan hanya dengan mengkonsumsi

Entry filed under: hewan kesayangan, penyakit. Tags: .

Selamat Tahun Baru Wabah Ebola, Ancaman Terhadap Kesehatan Dunia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Kategori

Blog Stats

  • 212,472 hits

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 40 pengikut lainnya


%d blogger menyukai ini: