World Veterinary Day 2015

April 23, 2015 at 12:26 am Tinggalkan komentar


wva
World Veterinary Day atau Hari Dokter Hewan Dunia, diperingati tiap Sabtu terakhir di bulan April, diprakarsai oleh Asosiasi Dokter Hewan Dunia, World Veterinary Association pada tahun 2000 yang saat itu Presiden WVA dijabat oleh Dr. Jim Edwards atas pemikiran kreatif isteri beliau, Pam.  Tujuan penyelenggaraan Hari Dokter Hewan Dunia adalah  mempromosikan kerja profesional dokter hewan di seluruh dunia yang telah bekerja meningkatkan kualitas kehidupan dan kesejahteraan manusia dan  hewan, keamanan pangan, praktisi transportasi hewan dan karantina, pelestarian lingkungan dan perlindungan serta konservasi. Hari Dokter Hewan Dunia pertama kali diperingati pada Sabtu terakhir bulan April tahun 2001. Tema-tema khusus dalam setiap peringatan Hari Dokter Hewan Dunia baru dimulai tahun 2009, yang mengusung tema the Diversity of Veterinary Professions, kemudian disusul the One Health Concepts, Rabies, Antimicrobials Resistance, Vaccination dan Animal Welfare.

Pada tahun 2015 peringatan Hari Dokter Hewan Dunia bertepatan pada hari Sabtu tanggan 25 April 2015. Pada tahun ini mengusung tema, Vector-Borne Diseases with  A Zoonotic Potential. Vector-borne diseases akan menjadi perhatian utama kesehatan masyarakat di seluruh belahan dunia dan tidak hanya terbatas pada daerah tropis dan sub tropis. Perubahan iklim global mempengaruhi peningkatan emerging dan re-emerging vector-borne disease dan wabah penyakit.

Vector-borne zoonotic disease merupakan contoh penting interdependent yang nyata antara vektor, hospes, iklim, patogen dan manusia. Dokter hewan menjadi kunci pelaku One Health Concept dalam hubungan hewan-manusia dan lingkungan dan berperan penting dalam menjaga kesehatan masyarakat. Kolaborasi dan koordinasi antara dokter hewan dan dokter manusia menjadi sangat menentukan untuk mencegah dan mengatasi ancaman vector-borne disease.

Entry filed under: veteriner. Tags: , , .

Penyakit Zoonosis Pada Ternak Selamat Hari Dokter Hewan Dunia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Kategori

Blog Stats

  • 212,472 hits

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 40 pengikut lainnya


%d blogger menyukai ini: