Tips Aman dan Nyaman Mudik Bareng Hewan Kesayangan

Juli 7, 2015 at 12:29 am Tinggalkan komentar


Saat ini hewan kesayangan telah mempunyai tempat yang dekat dengan pemilik, bahkan amat sangat dekat serta telah dianggap menjadi anggota keluarga.

Karena kedekatan tersebut seringkali sulit bagi kita meninggalkan hewan kesayangan  cukup lama untuk dititipkan selama kita bepergian jauh dan lama, sehingga pilihannya adalah membawa serta hewan kesayangan mudik ke kampung halaman. Namun tidak cukup mudah untuk dapat membawa hewan kesayangan mudik, baik dalam proses maupun selama perjalanan mudik, juga hewan berpotensi terpapar berbagai penyakit di lingkungan yang baru.

Beberapa tips agar mudik terasa nyaman serta aman bagi hewan kesayangan:

  • Kendaraan. Mudik bersama hewan kesayangan sebaiknya menggunakan kendaraan pribadi. Akan sulit dan bisa jadi mengganggu penumpang lain bila menggunakan kendaraan umum, termasuk juga seandainya menggunakan travel. Kendaraan pribadi yang digunakan sebaiknya mempunyai suhu yang nyaman selama perjalanan dan sirkulasi udara yang cukup.
  • Biasakan di dalam kandang. Hewan yang terbiasa bergerak bebas di dalam rumah akan sulit sekali dan merasa tidak nyaman berada pada tempat asing (kandang portable). Untuk itu sebaiknya sebelum melakukan perjalanan panjang, mulai mengenalkan atau membiasakan hewan kesayangan berada di dalam kandang. Hal ini berguna selain untuk perjalanan mudik, juga perlu manakala hewan kesayangan harus dibawa ke dokter hewan untuk periksa kesehatan. Bisa juga seandainya tidak menggunakan kadang, namun akan berisiko hewan kesayangan bergerak bebas dan bisa saja mengganggu konsentrasi pengemudi dalam mengendalikan kendaraan.
  • Kondisi sehat. Pastikan kondisi hewan kesayangan yang akan kita ajak mudik, menempuh perjalanan yang cukup panjang dalam keadaan sehat. Bila mungkin sebaiknya sudah dilakukan vaksinasi dengan baik. Berada di daerah baru berpotensi terjadinya paparan-paparan agen infeksi yang berbeda dengan di lingkungan tempat asal, serta berpotensi menyebabkan penyakit. Dengan vaksinasi hewan telah mempunyai kekebalan terutama terhadap penyakit-penyakit yang bersifat fatal. Bila hewan dalam kondisi yang kurang sehat sebaiknya segera diperiksakan pada dokter hewan dan bila memang sakit maka sebaiknya tidak turut serta diajak mudik, karena akan membuat kondisinya semakin parah.
  • Istirahat. Bila perjalanan cukup panjang, lebih dari 4 jam, sebaiknya mengambil waktu untuk istirahat sejenak, memberi kesempatan hewan kesayangan untuk meregangkan otot-otot yang lama terkungkung pada tempat yang sempit serta memberi keleluasaan pada udara segar. Termasuk juga memberi kesempatan hewan kesayangan untuk buang air besar atau kecil bagi yang sudah terbiasa atau dibiasakan tidak buang air besar dan kecil sembarang (di dalam mobil atau di dalam rumah). Hati-hati saat melepaskan hewan dari kadang dengan tujuan meregangkan otot-ototnya. Sebaiknya menggunakan collar dan tali agar tidak lepas dan akan menyulitkan ditangkap kembali.
  • Pakan. Sebaiknya selama perjalanan disiapkan pakan dan minum secukupnya. Jangan memberikan pakan terlalu banyak saat akan berangkat dan selama perjalanan. Hewan kesayangan juga dapat mengalami mabuk kendaraan (motion sickness) ditunjukkan dengan gejala muntah. Bila perlu juga membawa pakan yang biasa dikonsumsi hewan kesayangan kita, kuatir bila di kampung tidak terdapat jenis pakan yang biasa dikonsumsi manakala pakan tersebut  habis. Tidak cukup mudah mengubah pada pakan lain dari kebiasaan pakan yang biasa dikonsumsi. Kadang perubahan pakan yang mendadak juga dapat menyebabkan muntah atau diare pada anjing atau kucing.

Demikian beberapa tips agar perjalanan mudik bersama hewan kesayangan berlangsung nyaman dan aman, baik untuk pemilik maupun hewan kesayangan.

Entry filed under: hewan kesayangan, penyakit. Tags: , , .

Selamat Hari Dokter Hewan Dunia Tips Mudah Memilih Hewan Qurban Yang Sehat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Kategori

Blog Stats

  • 213,259 hits

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 40 pengikut lainnya


%d blogger menyukai ini: