5 Kondisi Yang Harus Segera Ditangani

Oktober 26, 2015 at 3:31 pm Tinggalkan komentar


bloat_x-ray dogBeberapa kondisi berikut merupakan kondisi yang harus diketahui oleh pemilik hewan dan harus segera ditangani oleh dokter hewan, karena dapat bersifat fatal dan mengancam nyawa hewan kesayangan. Kondisi-kondisi tersebut adalah keracunan, kembung akut, kolaps (ambruk), sesak nafas dan trauma. Trauma atau kolaps biasanya sangat mudah diketahui oleh pemilik, keracunan kadang dikenali dengan baik kadang tidak sedang kondisi kembung akut dan sesak nafas seringkali tidak terlalu menjadi perhatian pemilik sehingga terlambat ditangani.

  1. Keracunan. Ada banyak zat beracun bagi hewan kesayangan baik merupakan bahan perlengkapan rumah, obat serangga, racun tikus, obat-obatan manusia, bahkan makanan atau tanaman di sekitar kita. Anggur, kismis, permen yng mengandung xylitol, cokelat, bawang adalah beberapa bahan makanan yang beracun bagi hewan kesayangan. Semakin cepat diketahui gejalanya, serta penyebabnya dan ditangani, dapat meningkatkan keberhasilan.
  2. Kembung akut. Seringkali kondisi ini tidak dikenali dengan baik oleh pemilik dan umumnya diketahui terjadi kematian mendadak. Gejala kembung akut biasanya terjadi hipersalivasi, gelisah, perut membesar dengan cepat, denyut jantung meningkat, frekuensi nafas meningkat dan ada rasa sakit pada daerah perut. Semakin cepat gejala diketahui semakin tinggi keberhasilan penanganannya.
  3. Kolaps. Hewan yang tiba-tiba ambruk, bisa disebabkan oleh berbagai sebab. Syok, gangguan otot dan tulang, syaraf, infeksi, problema jantung atau trauma dapat menimbulkan gejala ambruk. Segera bawa ke dokter hewan agar diketahui penyebabnya dengan baik dan segera serta memperoleh penanganan yang memadai.
  4. Sesak nafas. Gejala ini seringkali tidak mendapat perhatian yang cukup oleh pemilik, padahal merupakan gejala atau kondisi yang harus segera ditangani, bila tidak maka kematian dapat menjemput.  Terutama bila melihat kucing bernafas dengan membuka mulut. Problema sesak nafas bisa disebabkan oleh gangguan jantung, penyakit saluan pernafasan baik atas maupun bawah, penyakit paru-paru maupun rongga dada.
  5. Trauma. Hewan kesayangan yang mengalami trauma umumnya mudah diamati pemilik. Hampir sebagian besar trauma dapat diamati degan baik, Namun ada beberapa macam trauma yang kadang tidak teramati dengan baik, misalnya luka tusukan yang dalam (punctur, bisa karean gigitan taring, atau luka tusuk) dan bila terkena pada daerah dada dengan hewan yang berbulu tebal biasanya tidak teramati dan berisiko menimbulkan kematian. Atau trauma tumpul yang dapt menyebakan kerusakan organ dalam dan tidak tampak dari luar, misal hernia diafragmatika akibat pukulan, tendangan atau kecelakan terlindas kendaraan.

Entry filed under: penyakit, pertolongan pertama. Tags: , , , , .

Kucing vs Diabetes Anjing vs Diabetes

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Kategori

Blog Stats

  • 213,259 hits

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 40 pengikut lainnya


%d blogger menyukai ini: