Pakan Kering Menyebabkan Kristaluria Pada Kucing

Mei 25, 2016 at 7:10 am Tinggalkan komentar


Kristaluria adalah kristal yang ditemukan pada pemeriksaan urine. Berbeda dengan urolith atau batu perkemihan, kristaluria masih belum kasat mata dan hanya bisa dilihat di bawah mikroskop. Penelitian-penelitian yang pernah dilakukan menunjukkan bahwa semua pakan kering yang diberikan pada kucing menyebabkan kristaluria. Strugess dkk (2001) menyatakan bahwa lebih dari  92% kucing yang diberikan pakan kering mengalami kristaluria, sedangkan kucing yang diberi pakan basah (wet food) sama sekali tidak ditemukan adanya kristaluria. Penelitian yang lebih lama, Tarttelin (1988) meneliti berbagai pakan kucing kering komersial menunjukkan bahwa lebih dari 71% kucing mengalami kristaluria.

Kristaluria bisa diartikan adanya batu di dalam urine meski belum tampak secara kasat mata. Adanya kristal di dalam urine akan berisiko menyebabkan buntu saluran kemih, terutama pada kucing jantan yang mempunyai saluran kemih yang sempit dan panjang. Saluran kemih yang buntu akan menyebabkan kucing tidak bisa urinasi atau kencing.

Mengapa kucing yang mengkonsumsi pakan kering mengalami kristaluria.  Kucing adalah hewan yang tidak minum banyak. Perilaku makan, khususnya minum yang hanya sedikit ini diturunkan oleh moyangnya yang dahulu hidup di gurun yang kesulitan air, sehingga kucing tidak menggantungkan kecukupan air melalui minum namun juga menggantungkan asupan air dari mangsanya yang biasanya merupakan mamalia kecil yang kandungan airnya sekitar 70-80 persen. Akibat minum sedikit dan kucing memanfaatkan air di dalam tubuhnya secara maksimal, dengan cara mengambil kembali sebagian air yang telah tersaring di dalam ginjal (reabsorbsi), sehingga kucing mempunyai konsentrasi urine yang pekat (sedikit air).

Pakan kering mempunyai kadar air sebesar 8-10 persen. Kucing membutuhkan asupan air sebesar 40-50 ml/kg/hari. Bila kucing memakan pakan kering sebanyak 100 gram sehari maka hanya memperoleh air sebanyak 10 ml. Oleh karena itu kucing masih membutuhkan kekurangan asupan airnya yang cukup banyak melalui air minum, padahal kucing kurang suka minum. Hal ini akan berakibat konsentrasi urine semakin pekat. Penelitian penulis, pakan kering kucing juga menyebabkan kucing mengalami diare, diare osmotik.  Hal ini makin membuat kucing kekurangan air di dalam tubuhnya atau disebut dehidrasi. Kondisi dehidrasi akan menyebabkan konsentrasi urine dalam kandung kemih makin pekat dan kandung kemih tidak segera penuh yang berarti kucing tidak segera urinasi. Konsentrasi urine yang sangat pekat akan menyebabkan mineral-mineral di dalam kandung kemh dan lamanya mineral-mineral ada di dalam kandung kemih akan menyatu membentuk kristal. Adanya kristal di dalam urine disebut sebagai kristaluria.

 

Entry filed under: hewan kesayangan, penyakit. Tags: .

Pakan Kucing Beraroma Ikan Menyebabkan Hipertiroid Kebiri Dini Terbukti Meningkatkan Risiko Gangguan Sendi Pada Anjing Herder

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Kategori

Blog Stats

  • 213,259 hits

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 40 pengikut lainnya


%d blogger menyukai ini: